Kejarlah Paspor Sampai ke Bogor

Perlu paspor dalam waktu mendadak adalah sebuah keniscayaan.

http://lovelybogor.com/cara-menuju-kantor-imigrasi-bogor/

Beberapa bulan lalu, seorang teman kantor mengingatkan untuk segera membuat paspor. Kali aja ada tugas kerja ke luar negeri tiba-tiba gitu. Pengalaman saya berhubungan dengan program pelayanan masyarakat di negara ini kurang menyenangkan, jadilah saya malas untuk segera membuat paspor. Membayangkan ribetnya, saya mundur teratur.

Sampai tiba saatnya surat perintah itu datang!

Di suatu pagi yang tak cerah-cerah amat. Sebuah email datang dari bos yang meminta saya untuk menghadiri undangan workshop dari Microsoft di Kuala Lumpur. Hal yang membuat saya tertohok adalah, acara tersebut dua minggu lagi! read more

Blogging Jaman Now Bersama Domainesia

Satu tahun seribu cerita………ya ga seribu juga sih, tapi banyak lah.

I Blog coz I am gokz!

Saya sebenarnya sudah mulai blogging dari jaman SMP, sekitar tahun 2007-2008. Jadi saya bisa dibilang adalah blogger jaman old. Saat itu saya menggunakan platform mobile blog bernama Peperonity, ada yang tahu atau inget? Di platform yang kemudian lebih populer sebagai tempat blog 18++ ini saya berbagi tentang satu hal yang amat saya sukai waktu itu, Naruto! (dan masih suka sampai sekarang). Sayangnya tidak bertahan lama. Anget-anget tai ayam kalau kata orang mah. read more

Macet Adalah Hak Semua Warga Jakarta

 Masa macet cuma bisa dinikmati segelintir orang saja?

Belakangan ini fenomena khas kota metropolitan ini ramai di bahas kembali, macet! Hal ini tak bisa dipungkiri karena gagasan tentang macet oleh Pak Gub dan Wagub Jakarta baru yang sungguh revolusioner.

Saya sungguh percaya bahwa dibalik ide revolusioner ini ada sebuah filosofi agung yang mendasari. Sebuah idealisme besar sebagaimana yang dahulu dipunyai oleh pemuda-pemudi pendiri bangsa. Jika dulu para pendiri bangsa ini mempercayai nilai universal dari kebebesan bangsa yang tertuang menjadi “kemerdekaan ialah hak segala bangsa” dalam pembukaan UUD 1945, ketahuilah bahwa beliau dua ini juga mempunyai semangat universalisme yang setara, “Kemacetan Adalah Hak Seluruh Warga.” read more

Bermasyarakat dengan Gila

Bermasyarakat dengan Gila

Tahukah Anda angka harapan hidup orang Indonesia sekarang mencapai 68 tahun?

Kalau usia mayoritas pengguna media sosial di Indonesia saat ini reratanya adalah 28 tahun, artinya masih ada 40 tahun lagi untuk Anda bisa berbagi berita hoax, debat kusir, stalking mantan -eh-, dan berbagai ritual medsos lainnya.

40 tahun lagi, terasa masih begitu lama ya?

Sebenarnya tidak lama, jika Anda bandingkan dengan usia peradaban manusia yang sudah lebih dari 10.000 tahun. Semakin tidak menjadi apa-apa jika Anda bandingkan dengan usia bumi tempat manusia tinggal ini yang sudah mencapai 4,5 Milyar tahun. Jadi, 40 tahun apalagi hanya untuk ribut dengan orang lain itu adalah waktu yang teramat sangat singkat. 40 tahun adalah waktu yang sangat cukup untuk manusia membawa kehancuran peradaban manusia dan bumi yang ditinggalinya. read more

Nietzsche, Kebebasan, dan Kedewasaan

Sebuah Konsekuensi

family-holding-thier-son

Enak rasanya jika bisa tumbuh dewasa dengan mudah dan indah, beberapa orang mungkin mengalaminya. Kenyataannya, jalan kebanyakan orang untuk tumbuh dewasa -jalan untuk menjadi seperti apa yang diinginkan- sangatlah menakutkan dan berliku.

Nietzsche sering menceritakan kisah hidupnya layaknya sebuah kisah fiksional penuh petualangan. Salah satu hal yang bisa diambil adalah untuk berani menghadapi kesulitan. Menurutnya, sangatlah normal untuk mengalami kesulitan dalam proses tumbuh dewasa, mencapai kebebasan. read more

Mengenang Angkutan Pedesaan Khas Klaten

Kol Kuning, Riwayatmu Kini

kol-kuning
http://www.solopos.com/2013/06/25/kenaikan-harga-bbm-ingin-naik-angkudes-di-klaten-ini-dia-tarif-baru-419536

Sekitar tahun 2003-2005, saya yang masih SD kala itu sering menggunakan sebuah moda transportasi umum berupa angkutan pedesaan. Di Klaten, kita lebih terbiasa menyebutnya “Kol Kuning.” Kata kol adalah jawanisasi dari kata Colt yang merupakan salah satu tipe mobil produksi Mitsubishi. Tipe mobil inilah yang digunakan sebagai armada berwarna kuning ini.

Orang jawa memang suka memudahkan penyebutan kata-kata asing yang aneh bagi lidah mereka. Jenis Colt lain ada yang berupa mobil bak terbuka. Kita orang Klaten lebih suka menyebutnya Kol Gundhul.  read more

Cipayung – Cinere

Cipayung – Cinere

Matahari belum lagi muncul dengan penuh

Si bocah begitu antusias

Menunggu gerbang sekolahnya terbuka

Tepat 6 lebih 10

Cipayung – Cinere

Takmir masjid bersiap diri

Cek sound tes satu dua

Tiga kaleng siap sedia

Menunggu orang berbagi rezeki

Cipayung – Cinere

Manusia berebut jalan

Senggol kanan senggol kiri

Tiada peduli

Sedang jalan kepada-Nya pun tak setiap orang mau mengisi

Lagi, siapa peduli

Cipayung – Cinere

Telah menunggu rumah beradu

Membuka layar

Menatap citra baru

Aku belajar read more

Klaim Kacamata BPJS dan Trik Mendapat Kacamata Keren Tapi Murah

Tentu udah pada tahu dong apa itu BPJS?

Tentunya juga udah pada terdaftar juga dong? Kalau belum buruan daftar deh karena meski memang masih banyak kekurangannya tapi keberadaan BPJS ini sangat membantu gan. Terutama untuk program rawat jalan kalau sakitnya bukan sakit berat, ini bener-bener ngebantu.

Selain buat berobat baik rawat inap ataupun jalan, ternyata BPJS ini punya benefit lain gan terutama buat Gan n’ Sis yang matanya minus kaya ane dan perlu bantuan kacamata. Ternyata BPJS itu memberikan plafon atau bantuan biaya untuk kita membeli kacamata. Besarannya tergantung kelas BPJS yang di daftar gan. Kebetulan ane kelas 1 jadi dapet plafon sebesar 300rb read more

Memaksimalkan Diri dengan Cinta dan Kekecewaan

Tulisan ini saya buat atas inspirasi dari Kyai Muzammil, Kyai cerdas asal Madura yang kini membangun perpustakaan di daerah selatan Yogyakarta. Penjelasan beliau tentang resep anti-kantuk tanpa kopi saya coba aplikasikan secara lebih luas pada kehidupan manusia.

Jika ada satu alasan yang membuat seoarng penakut menjadi pemberani, pemarah menjadi pemaaf, si keras hati menjadi orang yang lemah lembut, alasan itu adalah cinta. Begitulah orang-orang terdahulu, orang-orang hebat, menjalani kehidupannya dengan sangat hebat dengan bekal cinta yang teramat besar. read more

Hikayat Pekerja Di Atas Awan

Hari ini tepat seratus hari sejak saya pertama kali bekerja di perusahaan ini. Sering ketika saya ditanya kerja di mana, saya cukup bingung mau menjelaskannya. Mari kita coba pelan-pelan membahasnya.

Kita mulai dari media penyimpanan (storage media) dalam komputer, kalau bingung itu sejenis flashdisk dan harddisk. Dengan teknologi internet yang kian canggih dan cepat, kini ada media penyimpanan yang di sebut cloud drive yang secara tekstual bisa diartikan penyimpanan awan.

Nah sudah tau tentang cloud ya… read more