Klaim Kacamata BPJS dan Trik Mendapat Kacamata Keren Tapi Murah

Tentu udah pada tahu dong apa itu BPJS?

Tentunya juga udah pada terdaftar juga dong? Kalau belum buruan daftar deh karena meski memang masih banyak kekurangannya tapi keberadaan BPJS ini sangat membantu gan. Terutama untuk program rawat jalan kalau sakitnya bukan sakit berat, ini bener-bener ngebantu.

Selain buat berobat baik rawat inap ataupun jalan, ternyata BPJS ini punya benefit lain gan terutama buat Gan n’ Sis yang matanya minus kaya ane dan perlu bantuan kacamata. Ternyata BPJS itu memberikan plafon atau bantuan biaya untuk kita membeli kacamata. Besarannya tergantung kelas BPJS yang di daftar gan. Kebetulan ane kelas 1 jadi dapet plafon sebesar 300rb

Cara klaimnya gimana? Emang perlu proses gan, ga ujuk-ujuk datang ke optik beli kacamata terus nunjukin kartu BPJS. Ada serangkaian hal yang perlu agan lakukan. Buat detilnya, silakan simak step by step di bawah ya.

Daftar BPJS dulu gan. Masa iya mau klaim kacamata pakai BPJS tapi ga punya kartu BPJS . Daftarnya langsung ke kantor terdekat ya, jangan lewat calo, ntar dapet kartu palsu malah ribet gan. Nah kalau udah punya kartu BPJS, silakan datang ke dokter keluarga atau puskemas yang agan pilih pas daftar BPJS, seperti yang tertulis di kartu agan masing-masing. Di dokter keluarga tersebut bilang aja mau bikin kacamata/keur mata, dokternya pasti udah ngerti gan. Di tahap ini agan bakal dapet surat rujukan dari dokter tersebut sebagai tiket agan buat menuju ke rumah sakit sesuai yang agan pilih.

http://www.rustanto.com/2015/02/cara-membuat-kartu-bpjs-kesehatan-buat.html

Berbekal surat rujukan tadi, silakan datang ke RS yang udah dipilih gan. Jangan lupa bawa kartu BPJSnya. Sampai di rumah sakit pastikan dulu agan udah punya kartu berobat di RS tersebut. Kalau sebelumnya agan belum pernah berobat ke RS tersebut sama sekali maka agan harus daftar baru di RS tersebut. Fungsi kartu berobat ini adalah sebagai rekam medis selama agan berobat di RS tersebut gan. Biasanya gratis kok ga bayar. Kalau udah dapet kartu berobat silahkan tanya di mana tempat loket BPJS atau BPJS center di rumah sakit tersebut. Serahkan rujukan, kartu BPJS, dan kartu berobat ke petugas yang ada. Setelah itu agan bakal dikasih beberapa lembar kertas buat diserahkan di poliklinik mata tempat agan mencari resep. Resep kacamata ya gan, bukan resep masakan

dokumen pribadi

Di Poliklinik Mata, dokter akan melakukan pengecekan mata agan. Biasanya sih udah pakai alat modern gan, jadi tinggal tempelin mata agan ke mesinnya, sesuai instruksi dokter maka akan langsung keluar hasilnya agan minus berapa. Tapi biasanya untuk pengecekan tetap digunakan kacamata manual gan. Pokoknya mah ngikut perintah dokternya aja biar cepet. Selesai dari Poli agan bakal dapet resep yang isinya keterangan buat pembuatan lensa kacamata agan.

Eiiitsss, jangan buru-buru ke optik gan. Pekerjaan agan di RS belum selesai. Sampai step 4 agan itu baru selesai proses mendapat resep kacamata. Bisa sih agan langsung ke optik bawa resepnya tapi bantuan dari BPJS ga dapet karena agan perlu datang lagi ke BPJS Centre di RS tersebut. Di BPJS center tersebut serahkan kembali semua berkas agan, termasuk resep yang baru didapat tadi ke petugas. Nanti petugas akan mencetak kertas sakti yang bisa dibawa ke optik sebagai tanggungan dana BPJS untuk pembuatan kacamata. Tapi kalau agan pas lagi apes, kaya yang ane alamain dulu, server BPJSnya lagi error gan. Hasilnya harus nunggu sampai besok dan harus datang ke BPJS centre nya lagi buat dapat bukti penjaminan BPJSnya.

Terakhir silahkan datang ke Optik yang menerima pasien BPJS gan. Oh iya, biasanya pas di BPJS center agan juga dapet kertas fotokopian yang isinya optik mana aja yang menerima pasien BPJS yang ada di kota agan. Kalau agan punya waktu, bisa cek satu persatu optiknya buat mendapatkan harga terbaik. Tapi kalau yang sibuk kerja kaya ane carinya yang paling deket aja. Waktu itu ane pakai optik yang lokasinya di depan rumah sakit tempat ane bikin resep. Biar ga usah wira-wiri jadi tinggal nyebrang aja ke Optiknya. Di optik tersebut agan tinggal serahkan berkas yang di dapat sebelumnya beserta resep. Nanti biasanya dari optiknya melakukan cek ulang apakah resep dari dokter tersebut nyaman buat agan atau tidak. Silahkan di optiknya agan cari frame yang paling cocok lalu milih jenis lensa apa yang pengen dipasang.

Nanti akan ditotal berapa harga Frame dan Lensa itu, kalau harganya diatas plafon BPJS agan, dalam kasus ane 300rb, maka agan akan nombok sisanya. Jadi misal harga frame dan lensa yang agan pilih total 550rb, jika agan peserta BPJS kelas 1 maka agan masih harus nombok 250rb. Kalau udah tinggal bayar, dapat nota, pulang deh sambil nunggu kabar dari optiknya kalau kacamatanya udah jadi. Emang biasanya perlu waktu setidaknya sehari sampai kacamatanya jadi gan, terutama kalau agan ada silinder kaya ane yang proses menyiapkan lensanya katanya lebih lama dari minus biasa.

http://www.panggon.com/jawa-tengah/purwokerto/optik-merdeka/

Begitulah gan cara untuk mengklaim kacamata dari BPJS. Ga enaknya kalau pakai BPJS buat klaim kacamata ini pasti optik yang kerjasama dengan BPJS ini optik-optik resmi gan, dan yang pasti harganya juga harga resmi yang biasanya harga produknya baik lensa maupun frame itu pakai HET atau Harga Eceran Tertinggi, alias mihil bingit. Ane udah survey gan, lensa di optik yang menerima BPJS itu paling murah diatas 100rb gan. Padahal kalau agan ke optik yang ga resmi, itu harganya murah, dibawah 100rb dengan kualitas yang sama. Ga heran meskipun dengan kelas tertinggi yang dapat plafon 300rb tetep aja nombok dan kadang ga sedikit. Terkait hal ini, ane punya trik gan biar dapet kacamata terbaik dengan harga murah memanfaatkan bantuan dari BPJS.

Di optik resmi itu framenya hampir semua kualitas ori gan, wajar harganya mahal banget, BPJS ga bakalan cukup buat cover harganya. Cara mengakalinya adalah dengan mencari optik yang memperbolehkan untuk membawa frame sendiri. Jadi agan ga perlu beli frame dari optik tersebut. Agan bisa pakai frame lama agan yang masih bagus, atau bisa juga beli di luar gan.

Kalau ane milih beli online gan, harganya murah dan modelnya banyak banget. Karena sudah bawa frame sendiri, plafon 300rb itu bisa agan gunakan sepenuhnya buat beli lensanya gan. Duit segitu kalau di optik non resmi udah dapet Lensa merk Crizal gan, itu salah satu merk lensa yang bagus (dan mahal). Tapi karena optik BPJS itu pasti optik resmi, 300rb ga cukup. Maka lensa yang ane pilih adalah lensa transisi gan. Lensa ini kalau kena sinar matahari bisa berubah warna gan, kalau punya ane jadi warna coklat tua. Harga 275rb (aslinya di optik biasa ga sampe 200rb juga dapet gan), meskipun plafonnya 300rb dan harga lensa cuma 275rb, kita ga dapet kembalian gan. Mungkin emang udah kebijakannya dari sana biar ga disalahgunakan juga gan. Ini hasilnya punya ane gan…

Kacamata pribadi, bukan minjem

Begitulah gan cara klaim kacamata pakai BPJS sekaligus trik untuk memaksimalkan plafon dari BPJS tersebut. Semoga bermanfaat buat agan yang matanya minus kaya ane ya

Oh ya, ini adalah tulisan ini aslinya saya tulis untuk kaskus, jadi harap maklum kalau bahasanya kaskus banget. Semoga bermanfaat.

  • Waah keren gan informasinya tapi memang rada panjang urusannya ya dan harus sabar.
    Kebetulan saya memang mau urus kacamata lewat BPJS. Terima kasih gan info na..

    • sama-sama gan, memang harus sabar dan ikuti semua prosesnya.
      Kalau mau gampang ya datang ke optik, cek mata, pilih lensa dan frame, tapi bayarnya banyak 🙂

  • Sekedar sharing gan, ini beda kasus dengan istri saya, berhubung istri karyawan di polycore indonesia (pabrik lensa) maka istri saya mendapat lensa gratis kualitas ekspor dari perusahaannya yang sebelumnya diharuskan menyerahkan resep dokter dan angka minus/cylinder matanya. Untuk frame pun dia diberikan voucher 150rb dari perusahaannya yang bisa ditukarkan di toko optik tertentu. Dan cara agan diatas tentunya akan sangat berguna bagi saya yang beda perusahaan dengan istri saya. Trims ya..

  • rizkiferriz

    thx atas infonya yaa gan,

  • Felicia

    terimakasih banyak 🙂

  • miki

    Akhir tahun kemaren aku mau coba bikin kacamata pake bpjs sayang sekali krna d rumah sakit bayukarta karawang ga ada bpjs center jadi mesti ke bpjs pusat lagi untuk minta stempel dan rekomendasi ke optik ny tambah ribet kan padahal aku kerja dan hari sabtu ga buka bpjs pusatnya.. Hari ini kebetulan masi libur jd sekalian aja di urus ke bpjs. niatnya mau kaya agan ganti lensa aja. Ps ku tny lensa transisi berapa? jawaban si mas nya 700 ke atas mba. Oalah beda jauh ampe 500 ribu ya gan trus sy tanya yg paling murah berapa katanya 300 ribu an. Sy kaget banget padahal beli di melawai paket kacmata plus lensatrus lensa sy upgrade yg anti sinar biru cuma tambah 90 ribu deh. Karawang pa mahal. Ckckck
    Semoga di optik lain ada yg lebih murah.

    • coba cari alternatif optik lain mbak, di satu wilayah optik yang bekerja sama dengan bpjs ga cuama satu. Oh ya, buat triknya bisa tanya2 dulu aja, jangan langsung bilang dari bpjs 😀

  • prawita

    kalau hbis minta kacamata ke bpjs trus jarak 1 tahun minta lagi apa boleh ?

    • minimal dua tahun

  • Wawan

    Tulisan yg bagus gan, iseng2 cari info setelah lihat tulisan diluar optik bisa bpjs. Ternyata prosesnya panjang ya, mundur deh :v

  • Ooh, begitu. Sekarang saya jadi mengerti, mengapa waktu tahun lalu bikin kacamata dengan bpjs, harganya jadi meroket 2 x lipat dari harga normal (dengan spek yng sama di optik biasa). Jadi ga berasa manfaatnya bikin kacamata dgn boks….

  • Thankyou bang Isal, tulisannya sangat membantu.
    udah dari sebulan lalu saya kebingungan nge-google sana sini nyari info tentang klaim kacamata yang bisa di cover pakai BPJS, akhirnya nemu tulisan bang Isal ini.
    next week mau coba periksa mata dulu ke faskes (sambil nunggu cuti di acc hehe…)
    wish me luck ya bang, moga prosesnya gampang dan gak dipersulit ^^

    • semoga dipermuda 🙂

  • Tiara

    Beli framenya di onlineshop mana gan ?

    • ada di toped 🙂

  • ainie

    CRIZAL paling murah 400rb.. huaaa…

    lensa transisi paling murah 700.. nambahnya ngeri juga..hahaha

    • crizal yang dibawah dua ratusan ada kok 🙂 cuma yang paling standar. Transisi yang seratusan juga ada yang bukan crizal. Kalau mau ngirit harus pintar cari-cari produk sejenis yang beda merk, pasti ada yang lebih murah 🙂

  • Didik

    Terima kasih infonya membantu
    Saya mau tanya gan
    Saya udh buat kacamata lewat bpjs dan ini udah berjalan 1 tahun dan pengen ganti kacamata lagi karena merasa minus nya tambah
    Apakah bisa dapat kacamata lagi, kok ane denger dari temen” itu 2 tahun baru bisa dapet lagi
    Terima kasih…

    • iya benar, minimal dua tahun untuk mengajukan kacamata lagi

  • megz

    Lensanya dapet kaca atau mika, ya bang? takutnya malah cuma bisa mika 🙁 soalnya aku nggak kuat pake lensa mika, pusying. 😀

    • bisa kok pesan yang kaca, bebas kita yang milih. Pokoknya BPJS hanya bisa cover maks segitu, sisanya bayar sendiri.

  • Gusti

    Membantu gan…

  • framenya beli dimana kak ? saya belum pernah pakai kacamata ini , bisa kasih saran tempat beli dan frame dan lensa kacamata yg bagus dan murah hehe

    • di toped banyak kok 🙂

      • frame apa aja bisa kak ? yg dijual bebas di olshop itu? bahan akrilik bikin pusing gak ya?

        • frame apa aja bisa. Bahan akrilik itu kalau orang optik biasanya nyebut mika ya? saya dari awal kacamata selalu pakai itu, tidak pernah pakai yang dari kaca untuk lensa.

  • Fani

    Kalo bpjs yg gratis tuh berpa ya mas di covernya ?

    • kalau gratis dari pemerintah itu setahu saya masuknya kelas 3, kalau gratis karena dari perusahaan tempat bekerja besarannya tergantung besaran gaji.

  • Ima

    Terimakasih gan..infonya menarik

  • tity

    Hi gan….salam kenal 😀
    sdikit sharing aj gan….. kbetulan sekali aku baru kmrn klaim kacamata bpjs tp nyesel krn stock framenya g bgitu banyak tp drpd g ada trpaksa aku pesen. aku dpt subsidi dr pemerintah 300rb, nah pas aku tanya harga kacamata ini berapa g jelas gt di jawab sm petugasnya n aku jg g tau kaca aku ini mika or kaca krn aku baru ini pake kacamata sbelumnya si matanya masih normal faktor radiasi komputer di kantor. Pas aku tanya-tanya klo di tambah anti silau brp katanya +150rb, nah loh ko ada yg g beres ini???? ko +150rb ini permainan petugas (licik2an/ bisa2nya) ataw memang sgitu harganya. Akhrinya aku tanya teman klo di +anti silau mah harganya ud sgitu (g perlu namabah), y sutra la dengan rasa kcewa+nyesel aku trima krna uda terlanjur bayar tambahannya (150rb) :(… Stelah 2 hari aku balik lagi ke optik trsebut utk ngambil pesenan kacamata ku, hasilnya – memuaskan krna framenya ud bolak balik di pas-in ee tu kacamata setingannya balik lg balik lg ihhhhh kesel bgt deeee……akhrnya aku antepin aja la, nanti klo punya rejeki niat aku mau pesen lg di luar jalur BPJS.
    So buat temen2 yg mau klaim kacamata BPJS kudu banyak2 cari info deh biar g nyesel ky aku 🙁

    • Jangan lupa resepnya di simpan, kalau mau murah bisa online. Kita bisa pilih frame sebanyak mungkin, meski tidak bisa tes langsung. Lalu bisa pilih jenis lensanya juga dan online itu jauh banget murahnya ketimbang di optik untuk lensanya.