Klaim Kacamata BPJS dan Trik Mendapat Kacamata Keren Tapi Murah

Tentu udah pada tahu dong apa itu BPJS?

Tentunya juga udah pada terdaftar juga dong? Kalau belum buruan daftar deh karena meski memang masih banyak kekurangannya tapi keberadaan BPJS ini sangat membantu gan. Terutama untuk program rawat jalan kalau sakitnya bukan sakit berat, ini bener-bener ngebantu.

Selain buat berobat baik rawat inap ataupun jalan, ternyata BPJS ini punya benefit lain gan terutama buat Gan n’ Sis yang matanya minus kaya ane dan perlu bantuan kacamata. Ternyata BPJS itu memberikan plafon atau bantuan biaya untuk kita membeli kacamata. Besarannya tergantung kelas BPJS yang di daftar gan. Kebetulan ane kelas 1 jadi dapet plafon sebesar 300rb

Cara klaimnya gimana? Emang perlu proses gan, ga ujuk-ujuk datang ke optik beli kacamata terus nunjukin kartu BPJS. Ada serangkaian hal yang perlu agan lakukan. Buat detilnya, silakan simak step by step di bawah ya.

Daftar BPJS dulu gan. Masa iya mau klaim kacamata pakai BPJS tapi ga punya kartu BPJS . Daftarnya langsung ke kantor terdekat ya, jangan lewat calo, ntar dapet kartu palsu malah ribet gan. Nah kalau udah punya kartu BPJS, silakan datang ke dokter keluarga atau puskemas yang agan pilih pas daftar BPJS, seperti yang tertulis di kartu agan masing-masing. Di dokter keluarga tersebut bilang aja mau bikin kacamata/keur mata, dokternya pasti udah ngerti gan. Di tahap ini agan bakal dapet surat rujukan dari dokter tersebut sebagai tiket agan buat menuju ke rumah sakit sesuai yang agan pilih.

http://www.rustanto.com/2015/02/cara-membuat-kartu-bpjs-kesehatan-buat.html

Berbekal surat rujukan tadi, silakan datang ke RS yang udah dipilih gan. Jangan lupa bawa kartu BPJSnya. Sampai di rumah sakit pastikan dulu agan udah punya kartu berobat di RS tersebut. Kalau sebelumnya agan belum pernah berobat ke RS tersebut sama sekali maka agan harus daftar baru di RS tersebut. Fungsi kartu berobat ini adalah sebagai rekam medis selama agan berobat di RS tersebut gan. Biasanya gratis kok ga bayar. Kalau udah dapet kartu berobat silahkan tanya di mana tempat loket BPJS atau BPJS center di rumah sakit tersebut. Serahkan rujukan, kartu BPJS, dan kartu berobat ke petugas yang ada. Setelah itu agan bakal dikasih beberapa lembar kertas buat diserahkan di poliklinik mata tempat agan mencari resep. Resep kacamata ya gan, bukan resep masakan

dokumen pribadi

Di Poliklinik Mata, dokter akan melakukan pengecekan mata agan. Biasanya sih udah pakai alat modern gan, jadi tinggal tempelin mata agan ke mesinnya, sesuai instruksi dokter maka akan langsung keluar hasilnya agan minus berapa. Tapi biasanya untuk pengecekan tetap digunakan kacamata manual gan. Pokoknya mah ngikut perintah dokternya aja biar cepet. Selesai dari Poli agan bakal dapet resep yang isinya keterangan buat pembuatan lensa kacamata agan.

Eiiitsss, jangan buru-buru ke optik gan. Pekerjaan agan di RS belum selesai. Sampai step 4 agan itu baru selesai proses mendapat resep kacamata. Bisa sih agan langsung ke optik bawa resepnya tapi bantuan dari BPJS ga dapet karena agan perlu datang lagi ke BPJS Centre di RS tersebut. Di BPJS center tersebut serahkan kembali semua berkas agan, termasuk resep yang baru didapat tadi ke petugas. Nanti petugas akan mencetak kertas sakti yang bisa dibawa ke optik sebagai tanggungan dana BPJS untuk pembuatan kacamata. Tapi kalau agan pas lagi apes, kaya yang ane alamain dulu, server BPJSnya lagi error gan. Hasilnya harus nunggu sampai besok dan harus datang ke BPJS centre nya lagi buat dapat bukti penjaminan BPJSnya.

Terakhir silahkan datang ke Optik yang menerima pasien BPJS gan. Oh iya, biasanya pas di BPJS center agan juga dapet kertas fotokopian yang isinya optik mana aja yang menerima pasien BPJS yang ada di kota agan. Kalau agan punya waktu, bisa cek satu persatu optiknya buat mendapatkan harga terbaik. Tapi kalau yang sibuk kerja kaya ane carinya yang paling deket aja. Waktu itu ane pakai optik yang lokasinya di depan rumah sakit tempat ane bikin resep. Biar ga usah wira-wiri jadi tinggal nyebrang aja ke Optiknya. Di optik tersebut agan tinggal serahkan berkas yang di dapat sebelumnya beserta resep. Nanti biasanya dari optiknya melakukan cek ulang apakah resep dari dokter tersebut nyaman buat agan atau tidak. Silahkan di optiknya agan cari frame yang paling cocok lalu milih jenis lensa apa yang pengen dipasang.

Nanti akan ditotal berapa harga Frame dan Lensa itu, kalau harganya diatas plafon BPJS agan, dalam kasus ane 300rb, maka agan akan nombok sisanya. Jadi misal harga frame dan lensa yang agan pilih total 550rb, jika agan peserta BPJS kelas 1 maka agan masih harus nombok 250rb. Kalau udah tinggal bayar, dapat nota, pulang deh sambil nunggu kabar dari optiknya kalau kacamatanya udah jadi. Emang biasanya perlu waktu setidaknya sehari sampai kacamatanya jadi gan, terutama kalau agan ada silinder kaya ane yang proses menyiapkan lensanya katanya lebih lama dari minus biasa.

http://www.panggon.com/jawa-tengah/purwokerto/optik-merdeka/

Begitulah gan cara untuk mengklaim kacamata dari BPJS. Ga enaknya kalau pakai BPJS buat klaim kacamata ini pasti optik yang kerjasama dengan BPJS ini optik-optik resmi gan, dan yang pasti harganya juga harga resmi yang biasanya harga produknya baik lensa maupun frame itu pakai HET atau Harga Eceran Tertinggi, alias mihil bingit. Ane udah survey gan, lensa di optik yang menerima BPJS itu paling murah diatas 100rb gan. Padahal kalau agan ke optik yang ga resmi, itu harganya murah, dibawah 100rb dengan kualitas yang sama. Ga heran meskipun dengan kelas tertinggi yang dapat plafon 300rb tetep aja nombok dan kadang ga sedikit. Terkait hal ini, ane punya trik gan biar dapet kacamata terbaik dengan harga murah memanfaatkan bantuan dari BPJS.

Di optik resmi itu framenya hampir semua kualitas ori gan, wajar harganya mahal banget, BPJS ga bakalan cukup buat cover harganya. Cara mengakalinya adalah dengan mencari optik yang memperbolehkan untuk membawa frame sendiri. Jadi agan ga perlu beli frame dari optik tersebut. Agan bisa pakai frame lama agan yang masih bagus, atau bisa juga beli di luar gan.

Kalau ane milih beli online gan, harganya murah dan modelnya banyak banget. Karena sudah bawa frame sendiri, plafon 300rb itu bisa agan gunakan sepenuhnya buat beli lensanya gan. Duit segitu kalau di optik non resmi udah dapet Lensa merk Crizal gan, itu salah satu merk lensa yang bagus (dan mahal). Tapi karena optik BPJS itu pasti optik resmi, 300rb ga cukup. Maka lensa yang ane pilih adalah lensa transisi gan. Lensa ini kalau kena sinar matahari bisa berubah warna gan, kalau punya ane jadi warna coklat tua. Harga 275rb (aslinya di optik biasa ga sampe 200rb juga dapet gan), meskipun plafonnya 300rb dan harga lensa cuma 275rb, kita ga dapet kembalian gan. Mungkin emang udah kebijakannya dari sana biar ga disalahgunakan juga gan. Ini hasilnya punya ane gan…

Kacamata pribadi, bukan minjem

Begitulah gan cara klaim kacamata pakai BPJS sekaligus trik untuk memaksimalkan plafon dari BPJS tersebut. Semoga bermanfaat buat agan yang matanya minus kaya ane ya

Oh ya, ini adalah tulisan ini aslinya saya tulis untuk kaskus, jadi harap maklum kalau bahasanya kaskus banget. Semoga bermanfaat.