Kejarlah Paspor Sampai ke Bogor

Perlu paspor dalam waktu mendadak adalah sebuah keniscayaan.

http://lovelybogor.com/cara-menuju-kantor-imigrasi-bogor/

Beberapa bulan lalu, seorang teman kantor mengingatkan untuk segera membuat paspor. Kali aja ada tugas kerja ke luar negeri tiba-tiba gitu. Pengalaman saya berhubungan dengan program pelayanan masyarakat di negara ini kurang menyenangkan, jadilah saya malas untuk segera membuat paspor. Membayangkan ribetnya, saya mundur teratur.

Sampai tiba saatnya surat perintah itu datang!

Di suatu pagi yang tak cerah-cerah amat. Sebuah email datang dari bos yang meminta saya untuk menghadiri undangan workshop dari Microsoft di Kuala Lumpur. Hal yang membuat saya tertohok adalah, acara tersebut dua minggu lagi!

Jadilah saya hari itu juga berburu info pembuatan paspor di Internet. Hal pertama yang saya temukan adalah ternyata sekarang lebih sederhana. Cukup ambil antrian lewat aplikasi. Wah, lancar lah kalau begini. Tapi ternyata…

Semua kantor imigrasi di Jakarta penuh! Antrean tercepat yang bisa saya dapat adalah pertengahan Desember, padahal acara saya pertengahan November. Sampai saya menemukan cara antri pembuatan paspor melalui Whatsapp, bukan aplikasi resmi dari kantor imigrasi yang ada di Playstore, dan kantor imigrasi terdekat yang melayani model seperti ini adalah Bogor! Ya betul, Bogor sodara sekalian.

Tau kan kebo yang paling bikin capek? Yoih, kebogor jalan kaki cuy. Joke aside, perjalanan dari tempat saya ke Depok memang lumayan jauh. Apalagi di tambah hujan badai, yes, literally badai! Setelah semua perjuangan. akhirnya paspor saya jadi dan saya juga sudah pulang dari acara di KL minggu lalu.

Akhir tahun begini memang sepertinya banyak orang yang membuat paspor. Kemungkinan orang kaya yang mau buang duit ke luar negeri, instansi pemerintah yang mau penghabisan anggaran, atau perusahaan yang mau kasih bonus akhir tahun. Jadi wajar antrean bisa sepanjang itu.

Sekarang, bagi anda yang memiliki masalah yang sama. Berikut saya bagikan cara membuat paspor di Kantor Imigrasi Bogor, dan tips yang mungkin dapat membantu.

  1. Siapkan dokumen berikut, bisa anda fotokopi duluan atau bisa juga di fotokopi di lokasi.
    • KTP
    • KK
    • Akte Kelahiran atau Ijazah terakhir (pilih salah satu)
    • Materai, bisa dibeli di mbaknya yang jualan kue di lokasi
  2. Daftar melalui whatsapp
    • Kirim pesan dengan format #NAMA#TGLLahir#TglKedatangan ke 08111100333. Contoh #Isal#12051990#28112017
    • Tunggu balasan dari sistem, jika tanggal yang anda inginkan masih ada yang kosong, maka anda akan dapat detil registrasi dan jam berapa anda diminta datang ke kantor.
    • Kalau tanggal yang diinginkan sudah penuh, sistem akan memberikan rekomendasi tanggal berapa yang tersedia.
  3. Datang ke Kantor Part 1.
    • Datanglah 30 menit sebelum jadwal yang anda dapatkan. Bawa semua berkas yang sudah disiapkan.
    • Datang ke loket pembuatan paspor, minta formulir yang perlu di isi.
    • Isi semua formulir dengan seksama lalu tunggu sampai jadwal jam anda.
    • Kalau sudah jadwal jam anda, petugas akan memberi tahu bahwa sekarang adalah sesi bagi pendaftar yang mendapat jam sekian sampai sekian. Kembalilah ke loket pembuatan paspor. Tunjukkan pesan konfirmasi dari whatsapp yang anda dapatkan untuk diverifikasi. Lalu serahkan berkas yang anda bawa untuk dicek kelengkapannya. Setelah itu anda akan mendapat nomor antrian.
    • Masuklah ke antrian dalam kantor, pastikan nomor antrian anda dan tunggu sampai tiba gilirannya. Jika sudah giliran anda, masuk ke ruang petugas sesuai nomor untuk dilakukan pengecekan data dan foto.
    • Setelah foto anda akan mendapat kertas yang berisi informasi pembayaran paspor. Pembayaran bisa dilakukan di hampir semua bank, dan kantor pos. Jika kebetulan anda membawa uang yang cukup, anda bisa langsung bayar di mobil pos yang berada di luar kantor. Simpan bukti pembayaran yang sudah anda lakukan.
  4. Datang ke kantor Part 2
    • Setelah 4 hari dari hari anda membayar, paspor anda dijaminkan sudah jadi. Tipsnya, jangan membuat di akhir pekan. Saya membuat di hari Jumat, jadi baru jadi hari Kamis karena yang dihitung adalah hari kerja. Paling bagus buat dan bayar di hari senin maka hari jumatnya pasti sudah jadi.
    • Bawa bukti pembayaran anda, letakan di tempat yang sudah di sediakan di loket pengambilan paspor. Tips dari saya, datang pagi sekalian atau sesudah jam makan siang kalau tidak mau antri lama karena harus diselingi istirahat.
    • Tunggu nama anda dipanggil.

Udah gitu aja sih. Ga ribet-ribet amat sebenarnya, tapi ya tetep taking to much time sih menurut saya. Untuk ngurus pasport saya haru meninggalkan kantor dua hari. Sebenarnya proses pas di kantornya tidak terlalu lama. Tapi ditambah perjalanan ya hampir seharian juga.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.