Heboh Prili-Aliando dan Olok-olok Keluarga

Sebelumnya perlu diketahui, Saya bukan penikmat infotemen, tapi itu salah satu hiburan ibu saya setelah aktifitas rumah tangganya di pagi hari. Dan saya sering dengan tidak sukarela ikut mendengar acara tv tsb dari kamar.

http://www.liputan6.com/tag/aliando-prilly

Prili dan Aliando adalah dua artis di sebuah sinetron favorit keponakan saya. Jadi saya sedikit tahu bahwa keduanya adalah salah dua artis favorit remaja masa kini. Konflik yang terjadi karena Prili yang mengolok-olok keluarga Aliando. Saya sendiri tidak tahu menahu seperti apa olok-olok tersebut.

Jika saya tidak keliru keduanya masih seusia SMA. Jika saya menilik kembali jaman saya SMA, mengolok-olok orang tua adalah sebuah kewajaran jika tidak boleh disebut sebagai kewajiban. Tren ini sebenarnya sudah muncul sejak masa SD di tahun2 akhir, dan entah kenapa ini masih berlanjut sampai SMA. Ya, tentu semua orang mengalami masa diolok-olok dengan nama orang tuanya. Walaupun kita sadar betul itu memang nama asli orang tua kita, tapi kok rasanya tetap tersinggung, setidaknya marai mangkel kalau disebut nama orang tua.

Bagi yang belum ketahuan nama orang tuanya, segala dokumen yang menyantumkan nama orang tua adalah benda yang sakral dan harus dijaga dari mahluk-mahluk asing. Jika dokumen tersebut bocor, tak ubahnya kesucianmu telah terrenggut.

Pernah suatu ketika di SMA, kita disuruh mengumpulkan biodata. Salah satu poin yang harus ada adalah nama orang tua di sana. Di hari H pengumpulan, semua orang menunggu dan menunggu sampai pihak gurulah yang meminta. Bahkan ketika ada seorang kawan sukarela mengumpulkan semua biodata kelas, tak ada yang rela, bahkan mereka curiga dengan inisiatif tersebut.

Baiknya pada masa itu, tak ada yang baper berlebihan. Kata “baper” sendiri pada masa itu masih belum ditemukan. Bahkan nama orang tua, terutama bapak, kadang malah melekat kepada sosok anak itu sendiri. Nama tersebut sudah jadi panggilan akrab. Saya tak tahu, entah waktu yang membuat orang menjadi semakin lebay, atau memang TV saat ini yang terdepan dalam melebaykan.