Sehat Tentrem, Karena Merokok Adalah Melawan

Sebat dulu lah, biar tentrem.

Siapa sangka Mohammad Sobary atau yang lebih akrab disapa Kang Sobary, budayawan sekaligus mantan Kepala Kantor Berita Antara, memutuskan untuk menjadi perokok setelah usianya di kepala lima. Agaknya itu sedikit menjadi role model bagi saya untuk meniti karir menjadi perokok aktif di usia 23 tahun.
Singkat ceritanya medio Agustus 2016 lalu, isyu tentang kenaikan cukai tembakau sedang panas-panasnya. Sebagai cowok Klaten yang paham betul daerah saya merupakan salah satu daerah penghasil tembakau. Sedikit banyak saya tahu bagaimana kehidupan orang-orang yang hidup dari tembakau, apalagi saya berdedikasi untuk nyalon Bupati Klaten 2047 tentu harus lebih memahami dinamika yang ada di grassroot. Wacana menaikan cukai tembakau, dengan alasan untuk menekan angka perokok, sungguh menyakitkan.

Dari situ saya membaca beberapa literatur tentang rokok, terutama kretek sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia. Mulai dari Mereka Yang Melampaui Waktu, Kretek: Kemandirian dan Kedaulatan Bangsa Indonesia, lalu In Defense of Smokers. Dari ketiga bukut tersebut saya menemukan sebuah dinamika politik tembakau yang cukup rumit. Namun dari segala kerumitan itu, ada sebuah keniscayaan yang begitu terserap dipikiran saya, merokok tidaklah selalu tidak sehat.  Mungkin anda berpikir saya sok idealis mau jadi perokok saja harus punya landasan referensi, begitu pula beberapa kolega saya mengomentari hal serupa. Jawaban saya, “bodo amat!” Emang skripsi doang yang perlu daftar pustaka?

Sejak saat itulah saya memproklamirkan diri saya sendiri sebagai perokok, dan kegiatan merokok sebagai bentuk dukungan dan perlawanan, dan pilihan saya adalah rokok dengan nama yang sangat absurd bagi orang awam, “Sehat Tentrem.” Orang awam pasti akan berpikir, bagaimana mungkin rokok bikin sehat dan bikin tentrem?

Sebelum saya memutuskan untuk merokok, saya sudah tahu keberadaan rokok produksi sebuah pesantren di Jombang ini. Selain itu saya juga membaca tentang Divine Kretek, sebuah penemuan di bidang kesehatan yang luar biasa dari Indonesia ole Dr. Greta Zahar. Namun karena alasan kemudahan akses, saya lebih memilih Sehat Tentrem.

Sehat Tentrem (ST) memproduksi beberapa jenis rokok. Di antara yang pernah saya coba adalah varian Raos Paling Eco (RPE), 101, dan Merah Putih (MP). Tidak hanya nama “Sehat Tentrem” saja yang menunjukkan sebuah perlawanan terhadap hegemoni rokok, namun keseluruhan rokok dari semua varian ST ini adalah sebuah perlawanan itu sendiri. Mari kita ulas satu per satu. read more

Kejarlah Paspor Sampai ke Bogor

Perlu paspor dalam waktu mendadak adalah sebuah keniscayaan.

http://lovelybogor.com/cara-menuju-kantor-imigrasi-bogor/

Beberapa bulan lalu, seorang teman kantor mengingatkan untuk segera membuat paspor. Kali aja ada tugas kerja ke luar negeri tiba-tiba gitu. Pengalaman saya berhubungan dengan program pelayanan masyarakat di negara ini kurang menyenangkan, jadilah saya malas untuk segera membuat paspor. Membayangkan ribetnya, saya mundur teratur.

Sampai tiba saatnya surat perintah itu datang!

Di suatu pagi yang tak cerah-cerah amat. Sebuah email datang dari bos yang meminta saya untuk menghadiri undangan workshop dari Microsoft di Kuala Lumpur. Hal yang membuat saya tertohok adalah, acara tersebut dua minggu lagi! read more

Blogging Jaman Now Bersama Domainesia

Satu tahun seribu cerita………ya ga seribu juga sih, tapi banyak lah.

I Blog coz I am gokz!

Saya sebenarnya sudah mulai blogging dari jaman SMP, sekitar tahun 2007-2008. Jadi saya bisa dibilang adalah blogger jaman old. Saat itu saya menggunakan platform mobile blog bernama Peperonity, ada yang tahu atau inget? Di platform yang kemudian lebih populer sebagai tempat blog 18++ ini saya berbagi tentang satu hal yang amat saya sukai waktu itu, Naruto! (dan masih suka sampai sekarang). Sayangnya tidak bertahan lama. Anget-anget tai ayam kalau kata orang mah. read more

Macet Adalah Hak Semua Warga Jakarta

 Masa macet cuma bisa dinikmati segelintir orang saja?

Belakangan ini fenomena khas kota metropolitan ini ramai di bahas kembali, macet! Hal ini tak bisa dipungkiri karena gagasan tentang macet oleh Pak Gub dan Wagub Jakarta baru yang sungguh revolusioner.

Saya sungguh percaya bahwa dibalik ide revolusioner ini ada sebuah filosofi agung yang mendasari. Sebuah idealisme besar sebagaimana yang dahulu dipunyai oleh pemuda-pemudi pendiri bangsa. Jika dulu para pendiri bangsa ini mempercayai nilai universal dari kebebesan bangsa yang tertuang menjadi “kemerdekaan ialah hak segala bangsa” dalam pembukaan UUD 1945, ketahuilah bahwa beliau dua ini juga mempunyai semangat universalisme yang setara, “Kemacetan Adalah Hak Seluruh Warga.” read more

Bermasyarakat dengan Gila

Bermasyarakat dengan Gila

Tahukah Anda angka harapan hidup orang Indonesia sekarang mencapai 68 tahun?

Kalau usia mayoritas pengguna media sosial di Indonesia saat ini reratanya adalah 28 tahun, artinya masih ada 40 tahun lagi untuk Anda bisa berbagi berita hoax, debat kusir, stalking mantan -eh-, dan berbagai ritual medsos lainnya.

40 tahun lagi, terasa masih begitu lama ya?

Sebenarnya tidak lama, jika Anda bandingkan dengan usia peradaban manusia yang sudah lebih dari 10.000 tahun. Semakin tidak menjadi apa-apa jika Anda bandingkan dengan usia bumi tempat manusia tinggal ini yang sudah mencapai 4,5 Milyar tahun. Jadi, 40 tahun apalagi hanya untuk ribut dengan orang lain itu adalah waktu yang teramat sangat singkat. 40 tahun adalah waktu yang sangat cukup untuk manusia membawa kehancuran peradaban manusia dan bumi yang ditinggalinya. read more

Mengenang Angkutan Pedesaan Khas Klaten

Kol Kuning, Riwayatmu Kini

kol-kuning
http://www.solopos.com/2013/06/25/kenaikan-harga-bbm-ingin-naik-angkudes-di-klaten-ini-dia-tarif-baru-419536

Sekitar tahun 2003-2005, saya yang masih SD kala itu sering menggunakan sebuah moda transportasi umum berupa angkutan pedesaan. Di Klaten, kita lebih terbiasa menyebutnya “Kol Kuning.” Kata kol adalah jawanisasi dari kata Colt yang merupakan salah satu tipe mobil produksi Mitsubishi. Tipe mobil inilah yang digunakan sebagai armada berwarna kuning ini.

Orang jawa memang suka memudahkan penyebutan kata-kata asing yang aneh bagi lidah mereka. Jenis Colt lain ada yang berupa mobil bak terbuka. Kita orang Klaten lebih suka menyebutnya Kol Gundhul.  read more

Klaim Kacamata BPJS dan Trik Mendapat Kacamata Keren Tapi Murah

Tentu udah pada tahu dong apa itu BPJS?

Tentunya juga udah pada terdaftar juga dong? Kalau belum buruan daftar deh karena meski memang masih banyak kekurangannya tapi keberadaan BPJS ini sangat membantu gan. Terutama untuk program rawat jalan kalau sakitnya bukan sakit berat, ini bener-bener ngebantu.

Selain buat berobat baik rawat inap ataupun jalan, ternyata BPJS ini punya benefit lain gan terutama buat Gan n’ Sis yang matanya minus kaya ane dan perlu bantuan kacamata. Ternyata BPJS itu memberikan plafon atau bantuan biaya untuk kita membeli kacamata. Besarannya tergantung kelas BPJS yang di daftar gan. Kebetulan ane kelas 1 jadi dapet plafon sebesar 300rb read more

Tikus, dan Perangnya dengan Ibu

Sebersih apapun sebuah rumah, saya yakin pasti tikus selalu menemukan tempatnya untuk bersarang.  Begitu pula rumah saya yang kebersihannya selalu terjaga oleh ibu saya yang hebat itu.  Maaf kalau anakmu ini teramat jarang membantu.

mouse-154786_960_720
https://pixabay.com/static/uploads/photo/2013/07/12/19/27/mouse-154786_960_720.png

Ibu saya mempunyai cara tersendiri dalam membasmi tikus, ini adalah hasil dari proses pertarungan yang tiada akhir.  Dulu ibu masih menggunakan cara yang umum, yaitu dengan racun.  Pada masa awal cara ini sangat ampuh, sayang tikus terlampau sering mati di tempat yang tak terjangkau dan baunya sangat tajam menusuk hidung.  Mungkin tikus termasuk hewan dengan tingkat intelegensia yang cukup tinggi, terbukti mereka paham dan kemudian enggan memakan umpan yang sudah diberi racun. read more

The First Week of My Career Era

On Monday this week, I started my first job as a Business Research Collaborator at The KPI Institute. A job that pretty new related to my previous study. We are a team of seven from Indonesia, our position is a contract for 24 Months. The KPI itself is an International company, administrative head office is located at Melbourne, while the main office is in Romania. There are some supporting office around the world one in Dubai and one in Kuala Lumpur. There is an opportunity to open up an office in Indonesia, so they start a contracted employ to be a support for the main team and also to see if this business is good in Indonesia. read more

Roy Essandoh, Pahlawan Sepakbola Paling Mustahil di Inggris*

From Zero to Hero, itulah gambaran sederhana seorang Roy Essandoh

Roy Essandoh adalah sosok pesepak bola yang mungkin tidak akan mungkin kita temui lagi di masa depan. Mungkin kemampuan mengasah bolanya masih kalah dengan pemain top modern, namun sebuah momentum yang dia alamilah yang sulit untuk bisa terulang lagi.

Roy Essandoh adalah seorang pesepak bola keturunan Ghana asal Irlandia Utara lahir pada 17 Februari 1976. Mengawali karier sepak bola pertamanya di usia 18 tahun di sebuah klub Liga Primer Skotlandia, Motherwell F.C. Sempat bermain sejenak untuk klub Skotlandia lainnya, East Fife F.C, Essandoh kemudian bermain untuk klub Liga Primer Finlandia, VPS Vaasa. read more